Jumat, 18 Maret 2011

Definisi kata negara menurut beberapa tokoh


·         Negara adalah susunan masyarakat yang intergral (kesatuan) antara semua golongan dan bagian dari seluruh anggota masyarakat (Benedictus de Spinoza)
·         Negara adalah suatu masyarakat yang diintegrasikan karena memiliki wewenang yang bersifat memaksa dan yang secara sah lebih agung daripada individu atau kelompok yang merupakan bagian dari masyarakat (Harold J. Laski)
·         Negara tampak sebagai suatu masyarakat manusia yang teritorial yang diorganisasikan (Dr. W.L.G Lemaire)
·         Negara adalah asosiasi yang menyelenggarakan penertiban di dalam suatu masyarakat di suatu wilayah berdasarkan sistem hukum yang di selenggarakan oleh suatu pemerintah yang untuk maksud tersebut diberi kekuasaan memaksa (R.M MacIver)
·         Negara adalah suatu organisasi kekuasaan yang diciptakan oleh sekelompo manusia yang disebut bangsa (Prof. Mr. Kranenburg)
·         Negara adalah suatu organisasi kekuasaan/kewibawaan (Prof.Dr. J.H.A Logemann)
·         Negara adalah alat atau wewenang yang mengatur atau mengendalikan persoalan-persoalan bersama atas nama masyarakat (Roger H. Soltau)
·         Negara adalah suatu masyarakat yang memonopoli penggunaan kekerasan fisik secara sah dalam suatu wilayah (Max Weber)
·         Negara adalah suatu persekutuan hukumyang menempati suatu wilayah untuk selama-lamanya dan dilengkapi dengan suatu kekuasaan tertinggi untuk menyelenggarakan kemakmuran rakyat sebesar-besarnya (Bellefroid)
·         Negara adalah organisasi masyarakat di wilayah tertentu dengan kekuasaan yang berlaku sebagai kedaulatan (Prof. Mr. Soenarko)
·         Negara adalah suatu organisasi kekuasaan atau organisasi kewibawaan yang harus memenuhi persyaratan unsur-unsur tertentu, yaitu harus memiliki pemerintahan yang berdaulat, wilayah tertentu, dan rakyat yang hidup teratur (G. Pringgodigdo, SH)
·         Negara adalah suatu organisasi manusia atau kumpulan manusia yang berada di bawah suatu pemerintahan yang sama (Prof R. Djokusutono, SH)
·         Negara adalah organisasi masyarakat yang bertujuan mengatur dan memelihara masyarakat tertentu dengan kekuasaannya (O. Notohamidjojo)
·         Negara adalah suatu organisasi di antara kelompo atau beberapa kelompok manusiayang bersama-sama mendiami suatu wilayah tertentu dengan mengakui adanya suatu pemerintahan yang mengurus tata tertib dan keselamatan sekelompok atau beberapa kelompok manusia itu (Dr. Wiryono Prodjodikoro, SH)
·         Negara adalah suatu bentuk pergaulan hidup manusia yang merupaan suatu komunitas dengan syarat-syarat tertentu: memiliki wilayah, pemerintah, dan rakyat (M. Solly Lubis, SH)
·         Negara adalah suatu daerah teritorial yang rakyatnya diperintah oleh sejumlah pejabat dan yang berhasil menuntut dari warga negaranya ketaatan pada peraturan perundang-undangannya melalui penguasaan (kontrol) memonopolistis dari kekuasaan yang sah (Prof. Miriam Budiardjo)
·         Negara adalah suatu bentu pergaulan manusia dan oleh sebab itu harus ditinjau secara sosiologis agar dapat dijelaskan dan dipahami (Prof. Nasroen)
·         Negara adalah persekutuan hukum yang letaknya dalam daerah tertentu dan memiliki kekuasaan tertinggi untuk menyelenggaraan kepentingan umumdan kemakmuran bersama (Mr. J.C.T Simorangkir dan Mr. Woerjono Sastrapranoto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar